Sabtu, 30 Juni 2012

Psikoterapi Part XIII

Terapi Kelompok

Terapi Kelompok atau psikoterapi kelompok (group psychotherapy) adalah suatu bentuk terapi (psikoterapi) yang dilaksanakan pada kelompok yang terlindungi dan terorganisasi secara formal dan diperhitungkan serta bertujuan untuk perbaikan kepribadian dan perilaku anggota kelompok melalui interaksi kelompok.
Ada beberapa terapis yang mengatakan bahwa terapi kelompok dianggap lebih ampuh dari psikoterapi individual.
Kriteria keberhasilan terapi kelompok secara esensial sama dengan psikoterapi, yaitu melerai distres, menggalakkan harga diri, insight, dan memperbaiki prilaku serta hubungan sosial. Dalam terapi kelompok sering timbulnya insight lebih efektif. “Melihat diri kita, seperti orang lain melihat kita”. Keberhasilan itu tergantung sebagian besar pada diri terapis dan pemilihan kelompok.
Secara ekonomik terapi kelompok lebih murah daripada psikoterapi individual. Disamping itu ada beberapa keuntungan lain yang didapat dari terapi kelompok dibanding psikoterapi individual, yaitu terutama dalam proses timbulnya “insight”, “realitiy testing ability”, dalam memperbaiki fungsi-fungsi kognitif dan afektif, identifikasi diri, penyaluran emosi, serta meningkatkan keterampilan hubungan sosial yang penting untuk proses integrasi sosial individu dalam masyarakat nantinya. Semua itu memang merupakan hal-hal yang ingin dicapai dalam terapi kelompok yang merupakan “terapi psikososial”.


Sumber   :  http://frmnrdhn.wordpress.com/2009/10/06/terapi-kelompok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar