Jumat, 20 Januari 2012

Tugas Psikologi Lintas Budaya Ke-2


Culture of Bali


Bali adalah nama salah satu Provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya ialah Denpasar yang terletak di bagian selatan pulau ini. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Secara garis besar Bali telah didefinisikan oleh penjelasan di atas, artikel ini ditujukan bagi pemenuhan tugas Psikologi Lintas Budaya yang telah kami presentasikan sebelumnya dalm perkuliahan yang ada.

Kami telah menjelaskan mengenai sejarah, sistem kekerabatan, tarian, suku-suku, baju tradisional, makanan khas da masih banyak lagi. Dalam artikel blog ini kami tidak menjelaskan kembali satu persatu kebudayaan dari bali "Culture of Bali", melainkan menuliskan kesimpulan yang berkaitan dengan Mata Kuliah Psikologi Lintas Budaya yang kami pelajari.

Kesimpulan meliputu Asimilasi dan Akulturasi Budaya yang terjadi di Kebudayaan Bali, yaitu :

1.) Akulturasi

Akulturasi adalah penacampuran dua kebudayaan tanpa menghilangkan kebudayaan asli dari budaya itu sendiri, contoh :

a. Masuknya agama Hindu ke wilayah bali dengan dibantu oleh para saudagar pada jaman sejarah dulu. tanpa menghilangkan kebudayaan asli masyarakat yang memepercayai animisme maupun dinamisme

b. Bali sebagai pulau dengan sejuta pesona yang banyak mengundang turis mancanegara untuk datang, para turis sering datang untuk berkunjung melihat pura yang notabene sebagai tempat beribadah masyarakat bali. Namun hal itu sama sekali tidak mempengaruhi kesakralan makna pura untuk masyarakat bali, meskipun juga mulai menerima modernisasi bahwa pura bisa menjadi objek pariwisata peribadatan bagi para turis yang datang, dll.

2.) Asimilasi

Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.
Contoh dari asimilasi yang kami lihat dari kebudayaan Bali belum kami temukan, kami melihat keteguhan hati dan kecintaan masyarakat Bali terhadap budaya yang mereka miliki mejadi faktor terjaganya Budaya mereke dengan baik.


Keteguhan hati, kecintaan terhadap budaya hingga mencoba melestariskan secara terus menerus adalah hal yang perlu kita perhatikan dan kita ikutoi dari masyarakat Bali, dengan kata lain hal tersebutlah yang menjadi aspek atau ranah pembelajaran dari Psikologi Lintas Budaya yang kami pelajari.





Sumber : Wikipedia
Sumber Gambar :wisatairit.blogspot.com







NB: Kami masih dalam proses belajar, saya khususnya sebagai penulis masih memiliki banyak kekurangan dalam menuliskan informasi pada artikel di blog ini, apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan dan berikan masukan untuk hasil yang jauh lebih baik, terimakai :).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar